Analisis Kemampuan Literasi terhadap Pengenalan Huruf Abjad pada Anak Usia Dini di Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.61132/jupenbaud.v1i4.88Keywords:
Difficulty Writing, Early Childhood Literacy Challenges, Small Letters Of The AlphabetAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalis tantangan literasi yang dihadapi oleh anak usia dini dalam kelompok B TK Negeri Handayani Tonala, khususnya dalam hal menulis dan mengenal huruf abjad kecil. Kesulitan dalam mengenal bentuk dan menulis huruf kecil berdampak pada perkembangan literasi awal anak yang merupakan fondasi bagi kemampuan membaca dan menulis lanjutkan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data berupa obsevasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor utama kesulitas anak terletak pada kurangnya variasi media pembelajaran, metode mengajar yang belum menyenangkan, serta kurangnya latihan motorik halus.Rekomendasi dari penelitian ini adalah penggunan pendekatan bermain dan media visual interaktif untuk mendukung pengenalan huruf dan keterampilan menulis anak usia dini.
References
Atthoriqoh Rizqy, Citrawari Tyasmiarni, dkk. (2024). Analisis Kesulitan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas 1 UPTD SDN Banyuajuh 2. Jurnal: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa. Vol 2, No 4, Hal 96-112.
Ismawati Desi, mayisara,dkk.(2024). Penggunaan metode AHE (Anak Hebat) dalam meningkatkan literasi anak usia dini: tantangan dan potensi.jurnal: pendidikan islam anak usia dini Voll 1 (2). Hal 60-65
Nurhaedah, Herman, dkk.(2021).Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Kecil b dan d Melalui Mencetak Huruf Menggunakan Pasir Pada Anak Kelompok A Di TK Nurul Yaqin Uloe, Vol 2, No 1, Hal 215-217.
Nurhayati, Rini Ratu, & Sari Novita.(2025). Implementasi Media Kartu huruf dalam menstimulasi kemampuan mengenal huruf pada kelompok B TK Permata Bunda.Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.4(1).105-106
Pratiwi diats, amartya sofiya, dkk. Mengatasi kesulitan membaca dan belajar huruf abjad pada anak dengan penggunaan media sandpaper leter dalam metode menssorri. Jurnal: pendidikan dasar.Hal 306-308
Putri Nuh Li.(2003). Kesulitan menulis permulaan pada anak usia dengan kelalayan tuna grahita ringan. Jurnal: ilmu pendidikan. Vol 19 (1). Hal 97-98.
Sanjiwani inten komang,ambara pramuditya (2002). Kesulitan menulis awal pada anak usia dini, jurnal: Pendidikan anak usia dini undiksa,vol.10 NO . 2 Hal: 190-196
Sapitri Windi Megawati, Indihadi Dian, dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Alphabet Match Dalam Mengenalkan Huruf Pada Anak Usia Dini. Jurnal: PAUD AGAPEDIA Vol. 7, No. 1, Hal 25-32.
Sari Ratna Nesi, Hayati Fitriah,dkk. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di TK Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal: Ilmiah Mahasiswa. Vol 2, No 1.
Setiawan Agus, 2024 Analisis Kesulitan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Salati. Jurnal: Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 5, No, Hal 33-42
Siregar Alam Rusli.(2019).Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf menggunakan media kartu kata di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi tahun pelajaran 2016/2017.Jurnal Literasiologi.2(1).56-57.
Syafrudin Ulwan Dkk, 2023. Studi Kasus Kesulitan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal: Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 7 No 1, Hal 1-14